Inilah 5 Alasan Pentingnya Aset Digital Bagi Milenial

membangun aset digital milenial

Akhir-akhir ini aset digital kian marak diperbincangkan, dilirik dan dikembangkan.

Sadar atau tidak, salah satu aset digital yang pasti dimiliki banyak orang adalah akun media sosial.

Instagram, Youtube, Twitter atau akun-akun media sosial lainnya tak lagi digunakan sekedar untuk berhaha-hihi menyapa teman saja. Namun sudah memegang peran penting dalam kehidupan. 

Pengaruhnya cukup besar utamanya dalam hal menentukan citra (image) maupun karakter pemiliknya. Belakangan ini, dalam proses rekrutmen kerja, kualitas pelamar juga turut diperhatikan dari konten yang dishare di akun media sosial pelamar.

Selain itu aset digital lainnya adalah saham, reksadana, cryptocurrency seperti Bitcoin.

Bitcoin adalah aset digital yang pertama kali muncul di pasaran dengan nilai sekitar $ 0,003. Bertahun-tahun kemudian nilainya terus bertumbuh secara drastis hingga saat ini (2021) lebih dari 500 juta.

Meski begitu, masih banyak lagi aset digital yang tidak bisa disebutkan.

Namun, secara umum dilansir dari Techopedia.com, berbagai macam aset lain seperti tulisan, gambar maupun video yang diformat menjadi sumber binary (digital) termasuk hak untuk menggunakannya merupakan aset digital.

Aset ini tidak bisa digunakan orang lain bahkan bila kamu meninggal kecuali sudah diberikan pada seseorang sebelumnya.

Itulah mengapa mengelola website atau Instagram, menjadi Youtuber atau memiliki toko online juga merupakan aset digital. Sebab dengan mengelola website, menjadi selebgram atau youtuber ada keuntungan ekonomi yang bisa diraih dari sana.

Jika dikaitkan dalam bidang ekonomi dan finansial, aset digital berhubungan dengan berbagai macam investasi maupun hal-hal yang memberikan manfaat ekonomi dalam format digital.

Aset digital memang belum sekondang aset lain seperti emas atau properti perumahan.

Namun di era dimana internet menjadi hal primer ditambah perkembangan teknologi yang kian canggih, ada baiknya millenial menyadari pentingnya aset digital sedari sekarang.

Selain banyaknya keuntungan yang bisa didapat, berikut 5 alasan lain mengapa aset digital penting dimiliki milenial.

1. Membentuk Citra Diri 

jerome polin influencer muda berprestasi dan jago matematika
Jerome Polin Influencer Muda Berprestasi dan Jago Matematika – Sumber gambar: detik.com

Ada banyak peluang yang bisa didapatkan dari penggunaan media sosial. Bagaikan curriculum vitae, ada baiknya mulai membangun image yang menarik.

Jangan sekedar membagikan kegiatan sehari-hari saja. Bangunlah personal branding yang sesuai karakter, bisa sebagai sosok yang humoris atau kreatif. 

Selain terkenal dan bisa mendapat cuan, kamu pun bisa jadi sumber inspirasi untuk orang lain.

Mulailah dengan memaksimalkan feed di profile instagram dengan foto-foto astetik dan jalin interaksi dengan follower. Interaksi akan memberi kesan bahwa kamu adalah pribadi yang ramah dan foto astetik akan memberikan kesan rapi nan menyenangkan.

Tak hanya astetik, sebaiknya sesuaikan foto-foto yang kamu unggah dengan hobimu. Jika kamu senang dengan make-up, mulailah dengan mereview produk kosmetik.

Akun instagrammu akan menjadi aset ketika orang-orang suka dengan review yang kamu lakukan. Kelak tak menutup kemungkinan akan banyak pula perusahaan membayar untuk mempromosikan produk mereka

Baca juga : Ini 8 Bidang Pekerjaan Digital yang Sangat Menjanjikan

2. Tuntutan Aktivitas Yang Mayoritas Serba Online

media sosial sebagai aset digital

Perubahan adalah hal yang tidak bisa kita hindari apalagi kita tolak. Era digital tak hanya merubah kebiasaan namun juga mempermudah aktivitas sehari-hari.

Sederhananya, lihat saja bagaimana perubahan ketika kita akan membayar tagihan. Baik itu tagihan listrik, PAM atau lainnya sudah tak perlu repot antri karena kehadiran dompet digital. 

Perubahan diatas merupakan satu dari sekian banyak contoh perubahan dari kemajuan teknologi saat ini.

Bagi para milenial, dunia digital sangatlah berperan penting karena banyak hal bisa dilakukan dengan lebih cepat. Akses tak terbatas yang ditawarkan ibarat lahan baru yang siap digarap di mana saja. 

3. Sarana Pemasukan Tambahan

Bayangkan jika akun instagram yang kamu miliki punya banyak followers dan sering dilihat banyak kalangan. Perusahaan besar akan menghubungimu untuk bekerja sama dan tawaran untuk mengiklankan produk dijamin datang silih berganti.

Cukup dengan mengunggah foto atau video, tambahan pemasukan pasti di dapatkan.

Namun sebelum itu, bentuklah citra diri (personal branding) semaksimal mungkin.

Bangun image dari hal paling kecil yaitu hobi. Jangan simpan hobimu tapi kembangkan dengan untaian kreativitas. Tak melulu lewat media sosial.

Jika kamu hobi menulis, mulailah memiliki website pribadi. Boleh-boleh saja masih menulis diary untuk mengeluarkan keluh kesah dan bicara sesukamu.

Namun dengan memiliki website pendapatmu dijamin akan memberi manfaat yang lebih besar. 

Kamu bisa mulai menulis apa yang disuka. Jika suka make-up, hadirkan tips seputar make-up seperti bagaimana cara menjadikan make-up tahan lama untuk pemula.

Selain sebagai sarana berbagi pengetahuan, website bisa kamu gunakan untuk membangun jaringan. Ketika pengunjung websitemu bertambah kamu bisa memasang layanan iklan seperti Google AdSense untuk mendapatkan pemasukan.

Baca: 5 Jenis Marketing Digital untuk Bisnis Anda

4. Alternatif Dana Darurat

Dana darurat sangat penting dimiliki agar keuanganmu selamat. Jangan sampai baru terpikir mempersiapkan dana darurat ketika keuanganmu sedang sekarat.

Mempersiapkan dana darurat memang tidaklah mudah apalagi di masa pandemi seperti sekarang. 

Kurangi pengeluaran yang tidak terlalu mendesak dan alihkan menjadi dana darurat dalam bentuk tabungan.

Jika kamu terbiasa menabung secara konvensional seperti tabungan biasa atau menabung emas maka cobalah alternatif menabung yang baru. Misalnya menabung sambil berinvestasi seperti lewat reksadana. 

Reksadana merupakan instrumen investasi dan termasuk aset digital yang banyak digemari karena mudah dipahami dan terdiri dari beberapa jenis. Pilihlah reksadana dengan tingkat resiko paling rendah. 

Meski nilai investasinya tidak terlalu fluktuatif, biasanya reksadana jenis ini bersifat liquid sehingga mudah dicairkan.

Dibanding memilih cara investasi konvensional dengan emas atau properti yang memerlukan pengawasan tambahan dan waktu lebih lama untuk dicairkan. Reksadana lebih cocok dijadikan alternatif.

5. Alternatif Investasi Masa Kini

aset digital - sebagai investasi masa kini

Salah satu kelebihan aset digital adalah menjadikan kegiatan investasi jadi lebih mudah dilakukan. Kenaikan maupun penurunan nilai/harga aset digital dapat diawasi secara real time dan prosesnya jauh lebih cepat.

Agar untung maksimal, kamu harus rutin melihat perkembangan nilainya sehingga tahu kapan harus menjual atau membeli hingga untung rugi bisa diperhitungkan.

Berbeda dengan aset fisik seperti properti dan yang lain, aset digital juga jauh lebih aman karena beberapa pilihan aset digital seperti reksadana dan saham sistemnya sudah memiliki jaminan dan diawasi ketat oleh pemerintah (OJK dan Bappebti).

Kamu bisa memulainya dengan perlahan namun konsisten karena walaupun pelan itu akan membuatmu termotivasi.

Pilih jenis dengan resikonya tidak terlalu besar dan jangan sungkan untuk melakukan riset. Bukan hanya nilai/harga aset yang bertambah, kelak pengetahuanmu juga akan melimpah.

Aset digital adalah sebuah investasi yang luar biasa asalkan tahu bagaimana cara memanfaatkannya.

Salah satu aset digital kamu adalah passive income AyoDeal, dengan bergabung dalam Member Get Member (MGM) dan ajak terus teman kamu belanja di AyoDeal, maka kamu akan dapat komisi setiap transaksi mereka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.